Rabu, 21 Juli 2010

Garuda beli pesawat A330-200


Garuda beli pesawat A330-200
Airbus A330-200

Garuda sudah mengoperaskan 10 pesawat A330-200 ini

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, mengatakan maskapainya telah mencapai kesepakatan untuk membeli enam pesawat baru jenis Airbus A330-200 seharga US$ 1,1 miliar.

Pengiriman pesawat baru itu akan dilakukan dalam dua tahun mendatang.

Dalam penjelasan kepada BBC Indonesia, Emirsyah mengatakan pula bahwa dalam setahun ini perusahaannya akan menambah rute Eropa.

Emirsyah, yang sedang berada di pameran dirgantara di Farnborough, Inggris, menjelaskan bahwa rute baru yang akan dilayani Garuda itu termasuk London dan Frankfurt, Jerman.

Di Asia, kata Emirsyah, Garuda akan membuka beberapa rute baru juga termasuk ke Taiwan.

Keenam pesawat baru A330-200 itu akan diserahkan sekitar Oktober 2012, kata Dirut Garuda. Sebelum ini, maskapai "pembawa bendera" Indonesia itu sudah mengoperasikan 10 pesawat jenis serupa.

Ditambahkannya, "Pesawat yang berkapasitas terbang medium range (jarak menengah) ini akan digunakan untuk menerbangi rute-rute regional seperti ke Australia, Jepang, Korea, Cina, dan lain-lain."
Untuk Eropa juga

Garuda belum lama ini kembali membuka rute Amsterdam setelah sejumlah kondisi terpenuhi, termasuk pencabutan larangan terbang yang diberlakukan Uni Eropa beberapa tahun lalu terhadap semua maskapai Indonesia dengan alasan tidak memenuhi standar keselamatan udara.

Dengan pembukaan kembali jalur Jakarta-Amsterdam, Garuda untuk sementara menggunakan pesawat A330-200 yang berjarak tempuh menengah itu dengan cara berhenti (stop over) di Dubai.

Dikatakan Emirsyah, untuk penerbangan long range Garuda sudah memesan sejumlah pesawat Boeing B-777.

"Hanya saja penyerahannya belum dilakukan, sehingga untuk sementara digunakanlah pesawat medium range itu," ujarnya.

Tidak ada komentar: