Kamis, 07 Mei 2009

Seruan Obama hadapi al-Qaeda

Seruan Obama hadapi al-Qaeda
obama
Pertemuan puncak ini berlangsung di tengah pergolakan baru di Afghanistan dan Pakistan
Presiden AS Barack Obama mengatakan dia mitranya dari Afghanistan dan Pakistan bersatu dalam upaya mengalahkan al-Qaeda.

Obama tampil di depan para wartawan dengan diapit oleh presiden Afghanistan, Hamid Karzai, dan presiden Pakistan, Asif Ali Zardari, setelah ketiga pemimpin itu mengadakan pertemuan puncak di Washington.

Tujuannya adalah "mencegah, mematahkan dan mengalahkan al-Qaeda" dan sekutu-sekutu ekstremnya, kata Obama.

Ia juga menjanjikan dana yang lebih besar untuk membantu warga sipil di kedua negara itu.

Puluhan penduduk sipil diduga tewas dalam serangan udara Amerika di bagian barat Afghanistan, hari Selasa, yang mendorong Karzai mengangkat masalah ini dalam pertemuan dengan Obama.

Menteri luar negeri, Hillary Clinton, mengatakan sebelumnya bahwa dia "sangat, sangat menyesalkan kematian puluhan warga sipil itu. Dia mengatakan AS akan berusaha sekuat tenaga untuk mencegah "kematian orang-orang tak bersalah".

'Dukungan kuat'

Obama mengatakan kedua mitranya memahami besarnya ancaman keamanan dari para militan.

Amerika, kata Obama, berada di pihak rakyat di Pakistan dan Afghanistan dan memiliki strategi lengkap untuk kawasan itu, bersama komponen sipil dan militer.

Ia mengatakan, masih akan banyak tindak kekerasan yang terjadi tetapi Amerika memiliki tekad yang abadi untuk mengalahkan al-Qaeda.

Amerika Serika, tambah Obama, akan memberikan dukungan kuat kepada pemerintah Pakistan dan Afghanistan.

Tidak ada komentar: